Artikel Mengenai Persepsi


Pengertian

Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari persepsi, dimana menurut para ahli persepsi adalah :

1. Persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh individu sehingga individu dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan di sekitarnya (Bimo Walgito). 

2. Persepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu (Davidoff). 

3. Persepsi ialah interpretasi tentang apa yang diinderakan atau dirasakan individu (Bower). 

4. Persepsi merupakan suatu proses pengenalan maupun proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu (Gibson). 

(sumber : http://www.ilmupsikologi.com/)

Faktor-faktor 

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi persepsi orang, yaitu :

1. Pengalaman
Setiap orang pasti memliki pengalaman yang berbeda-beda, dimana setiap pengalaman memberikan suatu hal yang baru. Sehingga sudut pandang atau cara orang memberi arti terhadap suatu hal pun akan terpengaruhi

2. Informasi
Informasi-informasi yang kita peroleh, akan berpengaruh kepada persepsi kita karena informasi tersebut tersimpan di otak kita dan jika kita memiliki sudut pandang terhadap sesuatu maka informasi ini akan membantu kita dalam beranggapan terhadap suatu hal tersebut.

3. Lingkungan
Faktor lingkungan juga salah satu yang mempengaruhi dalam kita berpersepsi. Contohnya ketika kita berada dalam suatu lingkungan, maka kita akan beradaptasi. Setelah beradaptasi maka persepsi kita mengenai sesuatu akan berubah juga.

4. Pendidikan
Semakin tinggi pendidikan kita maka cara kita memandang atau memberlakukan suatu hal akan berbeda dengan orang yang tidak berpendidikan, namun hal itu tidak masalah karena persepsi itu sifatnya subjektif.

Ciri-ciri 

Adapun ciri-ciri dari persepsi, yaitu :

1. Bersifat Subjektif
2. Belum tentu benar adanya
3. Bisa logis maupun tidak
4. Tidak selalu sama

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan persepsi adalah cara seorang individu dalam menginterpretasikan tentang suatu hal, dimana sifatnya subjektif, dan dipengaruhi oleh pengalaman, informasi, lingkungan, dan pendidikan individu tersebut. 
 
Sekian artikelnya, semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen semua. Terima kasih..







0 Response to "Artikel Mengenai Persepsi "

Post a Comment