Pengertian dan Bagian-bagian Nawa Widha Bhakti



Nawa Widha Bhakti adalah sembilan ajaran dimana digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat sedharma terhadap tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).
Bagian-bagian dari Nawa Widha Bhakti :

1.Srawanam
  artinya mendengarkan wejangan atau saran-saran yang baik, contohnya senang mendengarkan, menerima hal-hal baik yang diberikan oleh orang tua maupun guru.

2. Wedanam
Artinya membaca kitab-kitab suci agama yang diyakinni, membiasakan diri untuk membaca hal-hal yang dapat menuntun kejalan yang baik, dalam agama hindu bisa seperti sloka-sloka bhagawadgita.

3. Kirthanam
Artinya melantunkan tembang-tembang suci/kidung, contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah mekidung saat selesai melaksanakaan persembahyangan/upacara.

4. Smaranam
Artinya secara berulang-ulang menyebutkan nama Tuhan, contohnya seperti mengucapkan OM Nama Siwa, maupun mantra dimana tujuannya agar diberikan keselamatan jiwa maupun raga.

5. Padasewanam
Artinya sujud bhakti di kaki nabe. Contoh sederhananya kita menghormati atau melaksanaakan ajaran Pendeta (Ratu Pedanda), Pemangku.

6. Sukhyanam
Artinya menjalin persahabatan, dimana kita sebagai mahluk social tidak bisa hidup sendiri, maka kita perlu menjalin persahabatan agar memiliki hidup yang tenang dan damai.

7. Dhasyam
Artinya berpasrah diri memuja kehadapan para dewa. Berpasrah diri merupakan sikap penuh bertanggung jawab kehadapan tuhan dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

8. Arcanam
Artinya Bhakti kepada Hayng Widhi melalui symbol-simbol suci keagamaan, contohnya menjaga kesucian pura.

9. Sevanam
Artinya memberikan pelayanan yang baik, contohnya membantu orang atau memberikan pelayanan terbaik terhadap sesama.


Sumber : Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

1 Response to "Pengertian dan Bagian-bagian Nawa Widha Bhakti"