Cara Membuat Permen Soft Candy dengan Mudah

Artikel kali ini merupakan salah satu dari penelitian yang pernah saya buat. Penelitian tersebut membahas mengenai pengolahan kulit jagung yang diolah menjadi permen soft candy.



Berdasarkan literatur yakni menurut Ekawati, dkk bahwa bahan yang diperlukan untuk membuat permen soft candy adalah 165 gram gelatin,75 gram sirup glukosa, 160 gram gula pasir, alumunium foil, dan 500ml air / 500 gram essens atau sari buah. Dalam hal ini, essens atau sari buah kami substitusi dengan ekstrak dari kulit jagung manis. Adapun alat-alat yang digunakan untuk membuat permen soft candy adalah wajan, kompor, loyang, sendok kayu, dan wadah berupa baskom.
Adapun prosedur untuk membuat permen soft candy adalah :
1.   Siapkan 1 gelas ekstrak kulit jagung manis 1:3 dimasak dengan api sedang
2.   Kemudian tambahkan sirup glukosa, gula pasir sambil diaduk
3.   Pemasakan diteruskan sampai mencapai suhu 90°C-100°C
4.   Gelatin (1,2,3,4 sendok makan) dilarutkan  dalam air ektrak panas 1:1 dan dimasukkan dalam adonan sambil diaduk sampai mencapai suhu 95°C Lalu adonan dituang kedalam loyang, ditutup dengan alumunium foil dan dibiarkan selama satu jam dalam suhu ruangan
5.   Setelah cukup dingin, adonan dimasukkan dalam refrigerator suhu 5°C selama 24 jam

6.   Permen dipotong segi empat dan ditaburi gula halus yang sudah disangrai selama 20 menit dengan perbandingan 1:1. Soft candy  siap disecara subjektif.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Note :
                   Jika ingin menggunakan artikel ini sebagai referensi jangan lupa menyertakan                              keterangan sumbernya, terima kasih
                   -----------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 Response to "Cara Membuat Permen Soft Candy dengan Mudah"

Post a Comment