Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


PENGERTIAN MANAJEMEN

          Kata manajemen dalam (Usman Husaini, 2008;4), berasal dari kata latin, yaitu kata manus yang berarti tangan dan agere yang artinya melakukan. Kata-kata itu digabung menjadi kata kerja managere yang artinya menangani. Managere diterjemahkan kedalam bahasa inggris yang berbentuk kata kerja to manage, dengan kata benda management, dan manager untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen. Akhirnya management diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi manajemen.

            Manajemen menurut parker (Stoner & Freeman, 2000) ialah ”seni melaksanakan perkerjaan melalui orang-orang (the art of getting things done trough people)” (Usman Husaini, 2008;4). Menurut Jhon A. Pearce II dan Richard B. Robinson “Management is the process of optimizing human, material, and contributions for the achievement of organizational goals” (Ulber Silalahi, 2015;5). Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia manajemen adalah proses dari mengoptimalkan sumber daya manusia, bahan-bahan, dan kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi.

            Menurut Robet Kreitner dalam (Ulber Silalahi, 2015;5),  Management is coordinating work activities so that they are completed efficiently and effectively with and trough other people” dan jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia “Manajemen adalah mengkoordinasikan kegiatan kerja sehingga dilakukan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain”

            Berdasarkan tiga definisi dari ahli tersebut, ada kesamaan dari pengertian manajemen ialah, suatu proses pengelolaan sumber daya manusia, bahan-bahan untuk mencapai tujuan organiasi yang efektif dan efisien.




2 Responses to "Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli "

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete
  2. https://www.jendelaku.com/2020/04/pengertian-manajemen.html

    ReplyDelete