Pengertian Nugget (Artikel Lengkap)

Menurut Tati (1998) nugget adalah daging yang dicincang, kemudian diberi bumbu-bumbu (bawang putih, garam, bumbu penyedap, dan merica), dicetak dalam suatu wadah dan dikukus. Selanjutnya, adonan didinginkan dan dipotong-potong atau dicetak dalam bentuk yang lebih kecil, kemudian dicelupkan dalam putih telur dan digulingkan ke dalam tepung panir sebelum digoreng. Nugget memiliki rasa yang lebih gurih daripada daging utuh. Sedangkan  Menurut Tanoto (1994), nugget adalah suatu bentuk produk daging giling yang dibumbui, kemudian diselimuti oleh perekat tepung (batter), pelumuran tepung roti (breading), dan digoreng setengah matang lalu dibekukan untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan. 

Nugget termasuk ke dalam salah satu bentuk produk makanan beku siap saji, suatu produk yang telahmengalami pemanasan sampai setengah matang kemudian dibekukan.Produkbeku siap saji ini memerlukan waktu pemanasan akhir yang cukup singkatuntuk siap disajikan karena produk tinggal dipanaskan hingga matang.Pembuatan nugget mencakup lima tahap, yaitu penggilingan yang disertai oleh pencampuran bumbu, es, bahan tambahan, pencetakan, pelapisan perekat tepung dan pelumuran tepung roti, penggorengan awal (pre-frying) dan pembekuan (Aswar, 1995).

Tanoto (1994) menyatakan bahwa penggilingan daging sebaiknyadiusahakan pada suhu di bawah 15oC, yaitu dengan menambahkan es padasaat penggilingan daging. Pada saat digiling sebaiknya dicampur dengangaram untuk mengekstrak aktomiosin sehingga akan terbentuk produk denganstabilitas emulsi yang baik. Air yang ditambahkan kedalam adonan nuggetpada waktu penggilingan daging adalah dalam bentuk serpihan es. Penambahan air ini bertujuan untuk melarutkan garam danmendistribusikannya secara merata ke seluruh bagian massa daging.

1 Response to "Pengertian Nugget (Artikel Lengkap)"

  1. Nugget ini adalah frozen food yang mampu bertahan lama, Pengolahan nugget yang mana pasti memiliki
    aplikasi pabrik yang jelas agar nugget tetap terjaga kualitasnya

    ReplyDelete