Teknologi Pintar Honda yang Mengerti akan Kebutuhan Masyarakat Indonesia



Zaman sekarang siapa sih yang gak tau sama Honda ?, Pastinya semua tau sama brand itu kan ? Yap.

Honda merupakan salah satu brand terkenal sebagai produsen sepeda motor di dunia. Sepeda motor yang di produksi Honda selalu memiliki teknologi baru baik motor Matic maupun motor bergigi. Dimana teknolgi tersebut tentunya memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan brand sepeda motor lain. Pada Tahun 2015 Honda Indonesia akan menerapkan teknologi eSP pada seluruh motor Matic buatan honda. Nah Pasti anda bertanya-tanya, Apa sih itu eSP ? Kenapa HONDA menerapkan eSP pada semua motor Maticnya ?

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang eSP. ESP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga ini merupakan salah satu teknologi pintar yang diunggulkan honda untuk kendaraan matic . ESP memiliki 10 keunggulan yang sangat mengerti akan kebutuhan kita. Ayo simak keunggulan tersebut :
  1. ACG starter dan ISS, starter di buat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi.

  2. Fuel Injector, pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. 

  3. Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi namun pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang.

  4. Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar dan kini dibuat lebih lancar.

  5. Offset Cyclinder & Spiny Sleeves, Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih. Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat.

  6. Light Weight Piston & Crankshaft, sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.

  7. Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja.

  8. Built in Liquid Cooling System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak.

  9. V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.

  10. Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.


Setelah mengetahui 10 keunggulan dari teknologi eSP jadi taukan mengapa honda menerapkan teknologi pintar tersebut. Nah setelah membaca artikel ini tentunya dalam memilih kendaraan bermotor HONDA lah yang menjadi pilihan nomor satu tidak salah honda memiliki slogan " ONE HEART " karena HONDA selalu ada di hati masyarakat dan menjadi pilihan masyarkat.

Penulis merupkan pengguna motor Honda  Vario 110 Fl dengan remote, adanya remote ini memperudah saya dalam menemukan motor pada malam hari disamping itu motor ini juga sangat nyaman saat digunakan. Lampu motor vario ini menggunakan LED jadi saat malam hari jalan terlihat jelas . Jadi motor honda ini sangat membantu saya dan teknologinya sangat seusai dengan kebutuhan saya. Penulis merupakan salah satu pelajar di SMA Negeri di Denpasar. Dalam posting di blog ini penulis berharap semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan masarakat.

Sumber : www.welovehonda.com/esp/


0 Response to "Teknologi Pintar Honda yang Mengerti akan Kebutuhan Masyarakat Indonesia"

Post a Comment