Halo temen-temen, kali ini aku mau kasi tips ni untuk buat
Daftar isi OTOMATIS dengan singkat dan jelas, biasanya temen-temen yang sering buat karya ilmiah pasti
kerepotan sama yang namanya daftar isi kan ? harus manual gitu nyesuain BAB,
Sub BAB, dan lain-lainya, jadi waktunya banyak hilang untuk buat daftar isi
aja. Sebenarnya si Microsoft Word udah nyediain fitur untuk mempermudah kita
dalam membuat daftar isi. Coba deh klik References
trus liat di bagian pojok kiri ada yang namanya Table of Contents, kalau udah ketemu klik nah tinggal di pilih deh
Tabel yang temen-temen inginkan. Untuk buatnya aku kasi langkah-langkahnya dari
awal, simak dengan baik ya :D
Langkah pertama
Pilih View lalu klik Navigation Pane hingga muncul tanda
centang di kotak Navigation Pane. Setelah
muncul tanda centang akan ada Box Navigation di bagian kiri. seperti gambar
dibawah ini
Kalau sudah ada box Navigation seperti gambar tersebut. Nanti
pada Box Navigation akan terisi Heading 1, Heading 2, dan seterusnya. Untuk
lebih jelasnya kita lanjut ke langkah
kedua.
Langkah Kedua
Langkah kedua yaitu langkah untuk mengisi Box Navigation
dengan Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan lain-lain.
Caranya sangat lah mudah, yaitu :
Pilih Home lalu
pada Style Pilih Heading 1 setelah diklik, ketik BAB
atau teks sesuai kebutuhan temen-temen. Heading
1 biasanya saya gunakan untuk membuat BAB utama seperti BAB 1 PENDAHULUAN, BAB 2 KAJIAN PUSTAKA, BAB 3 METODE PENELITIAN
dan seterusnya sedangkan Heading 2 merupakan SUB BAB, contohnya seperti : 1.1 Latar
Belakang, 1.2 Rumusan Masalah dan lain-lain.
Sampai sini temen-temen udah ngeti
kan? Kalau belum coba diulang lagi dari langkah pertama :D , kalau masih
bingung, bisa komentar kok di bagian bawah blog ini. Kalau udah selesai membuat
BAB, dan Sub BABnya, akan tamapak seperti gambar dibawah ini
Teks pada HEADING 1 saya ganti
dengan "BAB 1 Pendahuluan" dan HEADING 2 saya ganti dengan teks "1.1 Rumusan
Masalah" nanti teksnya disesuaikan dengan kebutuhan temen-temen ya, gambar
itu hanya sebagai contoh saja, agar temen-temen mudah mengerti. Nah kalau sudah
seperti gambar tersebut kita akan lanjut ke langkah Ketiga, yaitu pembuatan
Daftar isi.
Langkah Ketiga
- Pilih References
- Klik Tabel Of Contents
- Plih jenis Tabel yang temen-temen inginkan (sesuai dengan kebutuhan ), Namun sebelumnya temen-temen harus ngisi halaman (page number) pada lembar kerja temen-temen. Untuk cara membuat halaman KLINK DISINI
- Seletah semua selesai akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Nah akan muncul deh daftar isinya dengan otomatis, tinggal
dirubah teks, font, size dan colour sesuai keinginan temen-temen. Selesai deh
daftar isinya, simpel kan ? gak perlu repot-repot ngetiknya manual, waktu dan tenaga pun jadi lebih efisien, hehe. Semoga Tips kali ini bermanfaat untuk
temen-temen. Nantikan tips-tips lainnya di blog ini Oke..
uququwuwuuw
ReplyDelete