Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Microsoft Word 2010

Halo temen-temen, kali ini aku mau kasi tips ni untuk buat Daftar isi OTOMATIS dengan singkat dan jelas, biasanya temen-temen yang sering buat karya ilmiah pasti kerepotan sama yang namanya daftar isi kan ? harus manual gitu nyesuain BAB, Sub BAB, dan lain-lainya, jadi waktunya banyak hilang untuk buat daftar isi aja. Sebenarnya si Microsoft Word udah nyediain fitur untuk mempermudah kita dalam membuat daftar isi. Coba deh klik References trus liat di bagian pojok kiri ada yang namanya Table of Contents, kalau udah ketemu klik nah tinggal di pilih deh Tabel yang temen-temen inginkan. Untuk buatnya aku kasi langkah-langkahnya dari awal, simak dengan baik ya :D

Langkah pertama

Pilih View lalu klik  Navigation Pane hingga muncul tanda centang di kotak Navigation Pane. Setelah muncul tanda centang akan ada Box Navigation di bagian kiri. seperti gambar dibawah ini



  

Kalau sudah ada box Navigation seperti gambar tersebut. Nanti pada Box Navigation akan terisi Heading 1, Heading 2, dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya kita lanjut ke langkah kedua.  


Langkah Kedua

Langkah kedua yaitu langkah untuk mengisi Box Navigation dengan Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan lain-lain.

Caranya sangat lah mudah, yaitu :

Pilih Home lalu pada Style Pilih Heading 1 setelah diklik, ketik BAB atau teks sesuai kebutuhan temen-temen.   Heading 1 biasanya saya gunakan untuk membuat BAB utama seperti BAB 1 PENDAHULUAN, BAB 2 KAJIAN PUSTAKA, BAB 3 METODE PENELITIAN dan seterusnya  sedangkan Heading 2 merupakan  SUB BAB, contohnya seperti : 1.1 Latar Belakang, 1.2 Rumusan Masalah dan lain-lain.

Sampai sini temen-temen udah ngeti kan? Kalau belum coba diulang lagi dari langkah pertama :D , kalau masih bingung, bisa komentar kok di bagian bawah blog ini. Kalau udah selesai membuat BAB, dan Sub BABnya, akan tamapak seperti gambar dibawah ini


Teks pada HEADING 1 saya ganti dengan "BAB 1 Pendahuluan" dan HEADING 2    saya ganti dengan teks "1.1 Rumusan Masalah" nanti teksnya disesuaikan dengan kebutuhan temen-temen ya, gambar itu hanya sebagai contoh saja, agar temen-temen mudah mengerti. Nah kalau sudah seperti gambar tersebut kita akan lanjut ke langkah Ketiga, yaitu pembuatan Daftar isi.


Langkah Ketiga
  1. Pilih References
  2. Klik Tabel Of Contents
  3. Plih  jenis Tabel yang temen-temen inginkan (sesuai dengan kebutuhan ), Namun sebelumnya temen-temen harus ngisi halaman (page number) pada lembar kerja temen-temen. Untuk cara membuat halaman KLINK DISINI
  4. Seletah semua selesai akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

 


Nah akan muncul deh daftar isinya dengan otomatis, tinggal dirubah teks, font, size dan colour sesuai keinginan temen-temen. Selesai deh daftar isinya, simpel kan ? gak perlu repot-repot ngetiknya manual, waktu dan tenaga pun jadi lebih efisien, hehe. Semoga Tips kali ini bermanfaat untuk temen-temen. Nantikan tips-tips lainnya di blog ini Oke..

1 Response to "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Microsoft Word 2010 "